SMA Islam Al-Azhar 4 Kemang Pratama

Aplikasi yang bisa diakses online 24 jam full oleh orang tua, siswa, guru & tata usaha.

Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

11 July 2017, 10:10

 

Dengan diterbangkan puluhan balon oleh Bapak Tun Abdul Razak selaku kepala SMAI AL AZHAR 4 Bekasi. Maka secara simbolis Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) hari Senin, 10 Juli 2017 dibuka secara resmi, diikuti pekikan tepuk tangan dari murid-murid. Acara MPLS ini dilaksanakan pada hari Senin, Selasa dan Rabu. Pada tanggal 10, 11 dan 13 Juli 2017. Di dalam puluhan balon yang diterbangkan, ada puluhan, ratusan bahkan ribuan mimpi yang menyertai. Puluhan, ratusan bahkan ribuan mimpi berarti seribu harap, dan seribu doa. Dan balon -balon berwarna warni pun,terbang dengan cepat menuju angkasa raya. 

Menurut Kepala SMAI Al Azhar 4 Bekasi mengapa harus diadakan MPLS bagi murid-murid baru?

“Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia mengeluarkan Permendikbud Nomor 18 Tahun 2016 yang berisi tentang tata cara pelaksanaan kegiatan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS) yang sebelumnya disebut MOS/MOPD kegiatan ini mencoba menghilangkan stigma negatif tentang pelaksanaan masa orientasi siswa yang terjadi saat ini. Inilah dasar hukum kalian kelas 10 IPA dan IPS harus  mengikuti MPLS di SMAI Al Azhar 4.” (tutur Kepala SMAI Al Azhar 4)

Ibarat seorang ibu yang sedang mengandung, tentu perlu mempersiapkan kelahiran anaknya dengan sebaik-baiknya. Begitu juga dengan SMAI AL AZHAR 4 Bekasi sebagai sekolah yang akan menyambut kedatangan siswa baru, supaya anak-anak baru itu bisa masuk sekolah dengan gembira, optimis, tahu tentang apa yang harus dilakukan, tahu dan mau menjalankan proses belajar dan menerima kebijakan sekolah. Untuk mencapai tujuan itu maka dilaksanakanlah Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS). Tujuannya adalah untuk mengenalkan siswa baru dengan kondisi sekolah, setiap kegiatan yang ada di MPLS diarahkan ke sana. Peran MPLS sebagai pintu masuk di sebuah sekolah, maka MPLS memiliki arti yang sangat penting. Mengingat langkan awal yang baik merupakan awal yang baik pula untuk kesuksesan di masa yang akan datang.

If there’s a dream, there’s a hope. If there’s a hope, there’s a prayer…

Oleh: Barda Hudori. S.Pd.